Pre-Wedding (Part 5) Berburu Undangan

Postingan kali ini aku mau ngebahas tentang dunia percetakan, alias undangan. Untuk undangan pernikahan aku pengen yang simple tapi tetep bagus. Sempet ke Pasar Tebet untuk survey, cuma ga sesuai sama hati dan kantong pastinya. Walaupun disana jujur undangan yang mereka cetak bagus-bagus semua. Ada beberapa tempat yang aku suka, tapi apa daya harganya mihil untuk seukuran undangan doang.
Bagi aku undangan hanya pemberitahuan, setelah itu dia bakal berakhir di tempat sampah atau di gudang. Kecuali undangannya digabung dengan sovenir. Tapi itu jarang-jarang bukan?
Kalo kalian termasuk orang yang seperti apa untuk masalah undangan? yang rela mengeluarkan budget lebih kah untuk undangan? atau yang sesuaiin sama budget?
Tapi jujur kalo pun punya budget lebih, rasanya sayang banget harus membayar undangan sampe 10-15rb per pc. Masalahnya bukan hanya 100 pcs yang kita pesan. Tapi bisa sampe 300 pcs keatas. Sebenernya esensi dari sebuah undangan cuma pemberitahuan kalo kita akan nikah, waktu sama tempatnya jelas. Jadi kalo dibeberapa undangan ada semacam syair, puisi, atau mungkin foto kalian terpampang itu cuma sebagai pelengkap dan sah-sah aja.
Karna emang niatnya pengen neken budget yo wes ide untuk bikin sendiri pun muncul. Kebetulan punya om yang kerja dibidang percetakan, jadi ga sulit untuk mengkomunikasiin kemauan undangan aku seperti apa. Yang penting dia meyakinkan aku kalo bakal jauh lebih murah. *sumringah.
Pas weekend yang harusnya pagi-pagi masih bisa leyeh-leyeh aku sama mas bojo udah harus hunting kertas untuk undangan. Yup, kita kudu cari kertas sendiri, supaya puas sama hasilnya.
Kok ga sekalian dicariin sama si om kertasnya? Karna dia sangat tau sifat keponakannya, jadi dia yang nyuruh aku untuk cari kertas sendiri.
Lokasi tempat penjualan kertas nya ada di daerah grogol, deket kampus Trisakti. Waktu itu kita sampe sana masih pagi, jadi masih sepi.
Gedungnya agak masuk kedalem jadi kalo dari jalan raya kita ga bisa langsung nemuin, tapi disitu tempat orang-orang percetakan biasa nyari kertas. Jadi orang-orang disekitar situ pasti paham kalo kita tanya.
Pertama kalinya aku masuk ketempat yang jual macem-macem kertas dengan macem-macem warna gradasi. Untuk ketebalannya pun juga macem-macem. Jadi untuk bagian amplop dan bagian dalemnya menggunakan ketebalan kertas yang beda-beda.
Saking bingungnya aku sampe berkali-kali minta saran mas bojo. Untuk kali ini dia ga no comment. Yes! Dia ikut ngasih saran kertas mana yang bagus untuk kita bikin undangan.
Disana juga disediain beberapa contoh undangan yang udah jadi, jadi kalau bingung bisa konsultasi sama pegawainya.
Karna undangan yang mau aku bikin simple, jadi aku cuma butuh 2 jenis kertas. Warna electric blue dan warna cream. Yang jelas 1 lembar kertas bisa dibuat 4-6 undangan, tergantung ukurannya.
Kalo ditanya jadinya lebih murah bikin sendiri apa bikin di vendor undangan? jawaban aku tetep sama, jauh lebih murah. Untuk per pcs aku bisa dapetin 3000 rupiah dengan model yang aku pilih, jauh banget sama harga yang ditawarin vendor undangan dengan model yang sama.
Tapi semua balik lagi tergantung masing-masing Capeng. Kalo ga mau ribet ya tinggal dateng ke tempat undangan, tinggal kasih data-data pilih model undangan yang kamu mau, dan selesai. Kalo bikin sendiri ya harus siap-siap ribet.
Ini foto undangan hasil ide dan hunting-hunting aku sama mas bojo.


 

Comments

Popular posts from this blog

Pre-wedding (part 1) Engagement

Pre-Wedding (Part 3) Kang Foto Konser