Pre-wedding (part 2) Vendor

Kali ini aku mau bahas serba-serbi Vendor. Ada beberapa capeng yang milih sering dateng ke pameran buat survey dan dapetin promo-promo. Ada juga yang cuma lewat browsing, ada juga yang cuma dari mulut ke mulut, tapi ada juga capeng yang duduk manis semua udah diatur sama orang tua. (yang ini uenak tenan rek!)
Kalo ditanya aku tipe capeng yang mana, pasti aku jawab yang pasti-pasti aja, alias yang udah pernah liat dikondangan orang. Surveynya ya dari situ. Jadi ga perlu survey kesana kemari. Sekalinya dateng ya nanya harga terus DP. Bukan ga mau mencari diantara yang terbaik, tapi karna aku dan mas bojo cuma punya waktu Sabtu Minggu jadi bener-bener dimanfaatin buat persiapan, pacaran, dan Me time (ini penting banget).
Untuk urusan Vendor aku sama mas bojo ga ada deramah sinetron sama sekali. Kita satu suara. Walaupun untuk detailnya aku lebih vokal.
Bagi aku untuk urusan Vendor ga bisa main-main. Merekalah para profesional yang bakal membuat acara kita sukses apa ga, sesuai kemauan kita apa ga. Dan yang pastinya semua harus sesuai budget, tanpa ada paksaan. Aku sering banget nemuin capeng yang kekeh pengen pake vendor A, tapi budget ga sesuai. Alhasil deramah pun terjadi. ckckckck.
Jangan salah, banyak kok vendor yang low budget tapi mereka profesional. Ga harus mahal untuk dapetin vendor yang oke. Terkadang vendor yang sudah terkenal pun ada kurangnya, mungkin karna mereka terlalu banyak yang pake jadi service nya pun ga maksimal.
Oke, aku bahas satu per satu vendor-vendor yang aku pilih.

1. Catering (Alfabet Catering & Services)

Untuk catering aku memang sangat amat jatuh hati sama vendor yang satu ini. Berkali kali dateng ke nikahan orang selalu memuaskan. Disamping itu saat kakak nikah pun juga pakai Alfabet untuk catering pengajian, siraman, dan resepsi. Alfabet never fails me!
Selain makanan-makanannya yang enak, dekor yang keren, marketingnya pun juga profesional. Waktu itu aku di handle sama Mba Lia. orangnya sabar, telaten, terus paham apa yang jadi kemuan kita. Pokoknya puas banget. Selain itu yang aku suka Alfabet ga merayu kita untuk tambahan-tambahan, yang sekiranya ga perlu. Kalau memang sudah cukup sesuai dengan kapasitas gedung dan tamu, ya sudah. Malah dari pihak alfabet yang mengingatkan para capeng kalo terlampau berlebihan pesanannya.
Mereka juga ngasih masukan-masukan ke kita untuk ngatur supaya makanan cukup. Seenggaknya saat acara baru mulai makanan ga langsung habis. Itu poin terpenting saat kita ngadain acara. Five thumbs up buat Alfabet!
Tapi sayang, Alfabet ga menyediakan paketan pernikahan. Mungkin untuk menjaga kualitasnya kali ya.

Tips dari aku buat yang lagi survey-survey catering, jangan jadi patokan sekali testfood. Sering-sering dateng ke nikahan orang yang pakai vendor yang kalian pilih, cicipi hidangannya. Aku sering nemuin vendor yang sama, jenis makanan yang sama, tapi rasanya beda. Entah itu kenapa. Yang pasti kalo kalian tipe capeng yang rajin dateng ke pameran, kalau bisa deal setelah kalian beberapa kali testfood. Ga usah terlalu terburu-buru untuk mutusin vendor catering. Karena mereka ga dipatok sehari harus berapa venue yang harus mereka tangani.

2. Dekor (Ghaya Kharisma)

Kalo menurut aku vendor ini cukup flexible. Aku kembali pake vendor Ghaya Kharisma setelah puas dengan hasil saat kakakku nikah. Walaupun lebih simple dan sederhana saat acara pernikahan ku tapi overall aku puas. Semua sesuai dengan apa yang aku mau.   
Fyi, untuk memilih vendor dekor jangan langsung kaget saat menerima pricelistnya. Karena yang diberikan oleh marketing hanya gambaran harga keseluruhan per gedung, dan per kapasitas. Itu makanya kalo dekor sering-sering ajak ketemuan marketingnya. Biar jelas layout gedung seperti apa, jadi bisa di sesuaikan dengan yang dibutuhkan. Syukur-syukur mereka mau diajak langsung ke gedungnya.
Jangan mau percaya sama portofolio yang orang-orang dekor kasih liat. Belum tentu hasil yang kamu mau sesuai dengan yang ada di gambar. Yang paling aman sering-sering minta diundang ke gedung yang mereka tampil. Buat liat hasil realnya. Dan jangan lupa make sure bunga-bunga yang mereka pasang di tiap sudut. Bunga asli atau bukan. Ini penting, karena kita saat hari H ga memperhatikan dekor secara mendetil. We never knows, saat deal dibilang bunga asli tapi pas hari H yang dipasang bunga palsu. O..iya waktu itu aku di handle sama Mba Desi, orangnya baik dan ramah banget. yang pasti beliau sigap mencatat apa-apa aja yang aku mau. Jadi ga ada yang missed saat hari H.

3. Sanggar (Sanggar Miarosa)

Lagi dan lagi alhamdulilah banget aku selalu di handle sama orang-orang profesional yang sabar, telaten, dan ngerti apa mau capeng dan keluarga. Untuk urusan rias merias kayanya aku yang paling bawel. Ya iyalah ya, kalo yang bawel si mas bojo malah serem. Hahaha
Kalo untuk Miarosa awalnya aku hubungi via email untuk minta pricelistnya. waktu itu di instagram cuma ada alamat emailnya aja. Mungkin sekarang udah bisa langsung
 di download pricelistnya tanpa harus kirim email.
Sebenernya ada beberapa vendor rias yang aku incer dan udah sempet nanya-nanya, cuma balik lagi ke budget. Yang sesuai sama kantong dan include nya dapet macem-macem pilihan jatuh ke Sanggar Miarosa. Fyi, Miarosa ini ada dua. Yang satu sebutannya MR, sanggar ini yang paketan dengan catering dll. Dan yang satunya lagi Sanggar Miarosa, ini yang tanpa paketan. Jadi kalo kalian suka sama salah satu baju di sanggar Miarosa, tapi ternyata kamu ambil yang paketan otomatis ga bakalan bisa ya.
Pas pertama kali aku kesana mau ketemu Mba Janah, ternyata beliau lagi ada di pameran. Dan kita disuruh salah satu pegawai Miarosa untuk langsung dateng ke pameran karna ada diskon 1jt dan tambahan promo-promo yang lain yang ditawarkan.
Jadi langsung lah cusss ke JCC cuma buat ngedapetin diskon 1jt. Lumayan banget kan bo!
Ditambah baju-baju yang bisa kita pilih di pameran adalah baju baru. Jadi makin seneng aja bisa pake baju koleksi terbaru Miarosa pas nikahan.
Ga banyak babibu aku langsung deal sama Mba Janah, alhamdulilah tanggal yang aku pilih masih kosong. Nah, kalo untuk vendor rias mereka membatasi jumlah capeng per harinya. Jadi kalo tanggal nikahan kalian termasuk tanggal cantik alias tanggal banyak yang nikahan siap-siap punya opsi vendor yang lain.
Aku pilih tema pakaian jogja modern, karna memang tema keseluruhanku jogja modern. Walaupun ga pake baju bludru tapi aku minta di paes ageng biar lebih keliatan jogja nya. Dan tentu aja aku pilih pakaian pengantin warna hitam. O..iya, sepengetahuanku Miarosa sekarang udah hijrah ke pengantin syar'i, jadi mereka udah ga terima lagi untuk pengantin adat. Biarpun udah hijrah tetep koleksi nya luar biasa bagus. Bisa dicek di instagramnya @sanggarmiarosa.
Untuk tahap awal aku cuma deal baju pengantin, tanggal, lokasi acara, dan siapa yang akan merias. Nah, untuk masalah merias tadinya aku pilih antara Mba Anies atau Mba Fitri. Dua-duanya punya magic hands yang bisa nyulap pengantin jadi manglingin. Dan hasil dari keduanya udah aku liat secara langsung di nikahan temen. Tetep ya survey karna dateng ke kondangan. 😃
Cuma karna berhubung di tanggal yang aku pilih Mba Anies udah full booked, jadi aku pilih Mba Fitri yang masih Available.
Untuk selebihnya pakaian orang tua, sodara kandung, among tamu dan review MUA bakal aku bahas di post selanjutnya ya.....



Comments

  1. Dear,

    Aku boleh minta pricelist sanggar miarosa? Ke ajengadn20@gmail.com
    Terima kasih

    ReplyDelete
  2. Sudah punya rencana nikah tapi masih bingung cari wedding organizer yang tepat? Kami dari HIS K-LINK TOWER GRAND BALLROOM kami sudah menyediakan all in package jadi anda tidak perlu repot cari vendor lain karena semua sudah kami yang handle.
    All in package include:
    - Gedung (FULL AC & FULL KARPET)
    - Catering
    - Dekorasi
    - Rias & Busana
    - Bridal
    - Entertainment
    - Photography
    - Wedding Organizer
    - Bonus (MC, WEDDING CAR, HONEYMOON KE JEPANG, LOGAM MULIA)

    For more info and detail:
    Marketing & wedding consultant
    Mira 083899440355 (WA)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pre-wedding (part 1) Engagement

Pre-Wedding (Part 5) Berburu Undangan

Pre-Wedding (Part 3) Kang Foto Konser