Pre-wedding (part 1) Engagement

Hai Tummers!

Ini blog pertama aku buat sharing semua pengalaman, informasi, tips dan trik, atau apapun yang bisa aku tulis disini.
Dan yang mau aku bahas pertama kali adalah persiapan pernikahanku. Terinspirasi gara-gara banyak yang konsultasi (halah) masalah dunia perkewongan. jadi cusss lah aku bahas disini.

Aku nikah sama mas Bojo bulan April 2017. Tapi 11 bulan sebelumnya kita udah sibuk buat persiapan sebelum nikah dan juga lamaran. Itu nyita waktu, tenaga, sama pikiran sih dan pastinya nyita kantong juga. Tapi yang jelas ada kepuasan sendiri semuanya aku sama mas bojo yang ngatur dari A-Z.
Aku sama mas bojo mutusin buat ngadain acara Lamaran 11 bulan sebelum nikah. Emang bener apa yang orang-orang bilang kalau jarak antara lamaran dan menikah terlalu lama banyak cobaan yang dateng. Eitss..tapi kita ga bahas itu. Walaupun kali aja bisa curcol ditiap post. :))
Awalnya aku cuma mau ngundang keluarga terdekat untuk acara lamaranku, tapi kok setelah diitung-itung keluarga dekat kedua belah pihak banyak banget. *tepok jidat. Alhasil kurang lebih 100 orang dateng ke acara lamaranku.

Berikut apa-apa aja yang aku persiapin untuk kelancaran acara Lamaranku :

TENDA (Kaytara Tenda & Dekorasi)

Aku selalu pakai vendor ini untuk acara dirumah. Dan selalu suka sama model tenda nya. Disana banyak pilihan macem-macem jenis tenda. Ada yang vip, semi vip, atau yang standard. Untuk acara lamaranku kemarin aku pakai tenda yang jenis semi vip. Bagi aku semi vip udah cukup mewah untuk acara lamaran di siang hari. Warna tenda nya pun bisa request, sepertinya mereka punya macem-macem warna kain. Waktu itu aku pilih kombinasi warna Hitam, silver, dan putih.
Banyak yang kaget juga dengan pilihan warna aku, karna warna hitam identik dengan berkabung. hmmm... but i don't think so.
Marketing Kaytara pun juga sempet syok dengan pilihan warna tenda aku. sampe-sampe mereka nawarin warna yang lebih cerah yang umum dipakai orang-orang buat lamaran, which is PINK! Dududududu.... kok ya ga gw banget tenda warna pink.
Karna warna hitam jarang dipakai mereka nawarin opsi warna cadangan kalau-kalau warna hitam yang mereka punya ga layak untuk dipasang. Dan pilihan kedua aku jatuh ke warna navy, silver, dan putih.
Dan tiba saatnya pemasangan tenda. Ini yang bikin aku pertama kali kecewa dengan service mereka. Dikabarin tenda bakal dipasang siang/ sore, tapi kenyataannya tenda baru dipasang tengah malem! Panik, kesel, degdegan pas sampe jam 12 malam lebih tenda belum selesai dipasang, dan salah pulak bawa warna pita untuk di kursi. Duuuueengg!
Bolak-balik keluar masuk rumah memastikan semua dipasang sesuai sama permintaan. Sebelumnya si Mas yang pasang nanya warna yang mau aku pilih. Karna dia bawa warna hitam dan navy. pastinya aku pilih warna hitam. Dan sebelum di pasang ke semua besi, dia juga nanya susunan warnanya mau kaya gimana. Untungnya si mas cukup komunikatif. Jadi ga asal langsung dipasang.
Voilaaaa.... akhirnya selesai juga pemasangan tenda yang penuh deramah. Hasil akhir sesuai sama ekspektasi. Dan untuk pita yang salah warna, si mas nya bertanggung jawab untuk balik lagi pagi-pagi sekali. Bener aja pas bangun tidur semua kursi udah di pita dengan warna yang sesuai permintaan. Uyeaayy! Tapi sayang, pihak dokumentasi ga foto tendanya. Huhuhu.
Ini web nya kaytaratenda.com atau instagramnya @kaytaratenda_decor untuk lihat model-model tendanya. Fyi, mereka juga menyediakan perlengkapan untuk pesta dan dekorasi lainnya ya. Berikut pricelist untuk event equipment di kaytara.

                                 

CATERING (Dimas Ireng Catering & Service)

Untuk catering aku udah dua kali pakai vendor ini dan ga pernah mengecewakan. Makanannya pun juga enak, dekorasi meja juga oke. Walaupun pas hari H pegawai yang di kerahin cuma dua orang bapak-bapak, tapi mereka cukup cekatan. o..iya, warna taplak pun disesuaikan sama warna tenda hitam, silver, dan sentuhan sedikit warna putih. Itu juga aku berkali-kali make sure ke pihak catering kalau warna pilihan aku ada.

SESERAHAN (Immanuel Cikini)

Nah...ini moment yang paling aku seneng banget, dan rela bolak balik demi tempat seserahan. Hahahaha. Dulu pas nganter kakak, tempat untuk menghias kotak seserahan masih di bawah stasiun cikini, suasanannya masih pengap dan ga nyaman untuk lama-lama disana. Dan pas aku kesana lagi, wow tempatnya udah nyaman banget ada di gedung Gold Center Cikini. Udah gitu bikin galau gara-gara semua toko nampilin hasil karya yang ciamik.
Setelah muter-muter dan sebelumnya juga sempet baca-baca review akhirnya aku mutusin buat bikin seserahan di Immanuel. Tokonya ada dua di pojok belakang sama yang di deket escalator.
Waktu itu aku kesana udah sore, dan ditanganin sama mba-mba (lupa namanya) yang sabar dengerin ke galauan aku milih kotak seserahan. Tapi kayanya semua capeng cewek pasti bakal melakukan hal yang sama kok. *Pembelaan :))
Mas Bojo selalu nemenin aku tiap kesana, dan selalu no comment alias terserah. Kesel kalau pas minta saran, tapi seneng dia ga komplain mau diapain itu seserahan. Hahahaha tipikal lelaki pasrah yes.
O..iya,setau aku jaman sekarang untuk urusan seserahan dipasrahkan sama pihak capeng. Udah ga lagi ibu pihak cowok yang membelikan seserahannya. Selain barang yang dikasih sama pihak cowok bisa kita pakai sesuai sama kemauan, beli seserahan berdua bisa nyesuaiin sama budget calon suami. Kecuali kalau Calon suami kamu sangat amat berbaik hati nyerahin kartu ATM nya atau CC nya untuk kamu belanjaiin. Ini beda cerita lagi.
Balik ke tempat seserahan, seinget aku bolak balik ke cikini itu 4-5 kali cuma ngurusin seserahan. Kayanya selalu ada aja yang kurang. Untuk masalah harga seinget aku udah fix price tapi tetep lebih murah dibandingin tempat lain yang kudu harus nawar. Untuk pilihan tempat juga banyak, dari yang model frame, rotan, tempat busa, dan masih banyak lagi. Warna-warna nya juga macem-macem, jadi bisa sesuain sama tema yang kita pilih.
Berikut daftar seserahan saat acara lamaranku.
1. Seperangkat alat sholat
2. Perlengkapan Mandi
3. Pakaian dalam
4. Make up
5. Pakaian Pergi
6. Kain kebaya + Jarik
7. Tas
8. Pesing (bagi orang jawa yang masih memiliki nenek, pemberian kain jarik masuk dalam seserahan)
9. Pakaian formal
10. Kue-kue
11. Sprei dan Bed cover

Kurang lebih seserahan dari pihak cowok seperti diatas, yang jelas total semuanya ganjil. Dan daftar diatas ga terpaku semua seserahan harus seperti itu. Tergantung tiap-tiap capeng mau dibawakan apa untuk seserahannya. Selain itu aku juga memberikan seserahan balik untuk mas bojo yang totalmya juga ganjil, cuma lebih sedikit jumlahnya.
Berikut foto seserahan dari pihak mas bojo. Untuk tempat acrylic nya punya sendiri ya ga dibeli di toko Immanuel.


Ini untuk tempat kue-kue, aku pilih yang motif wallpaper.
Nah ini yang bikin emesh banget. Beding set nya dibentuk model beruang lagi meluk batang. Untuk jasa hias nya khusus untuk bed cover dipatok harga 50rb. Saking lucunya seserahan ini baru di buka pas malem sebelum besok nya aku nikah. Hahaha



Tips dari aku buat capeng yang lagi persiapin pernikahan. Sebaiknya membeli barang-barang seserahan dari jauh-jauh hari, syukur-syukur kalau pas lagi ada diskon. Ini supaya ga syok langsung beli banyak barang dalam satu waktu dan membludaknya pengeluaran. Ya kecuali yang aku bilang tadi, kalau calon suami kamu amat sangat baik dan pengertian ngasih kartu ATM nya atau CC nya buat kamu pake.
kalau aku milih untuk masalah seserahan dibawa saat acara lamaran, karna bagi aku ngurusin seserahan saat mempersiapkan pernikahan jauh lebih ribet. Belum lagi pas hari H pernikahan, harus ada panitia yang koordinasi untuk seserahan ini.

DEKORASI (DIY)

Karna terinspirasi sama acara lamarannya Putri Titian dan Junior Liem yang banyak paper flower, akhirnya aku mutusin untuk memberdayakan tangan ini untuk bikin sesuatu yang kece (bahasanye berat amat yak). Aku googling cara bikin papper flower, aku juga cari-cari di pinterest untuk model-model paper flowernya. Begitu dicoba dan sukses, langsung meluncur ke toko buku langganan buat beli perlengkapan untuk bikin paper flower. Paper flower ini aku buat untuk backdrop. Pilih warna putih karna stock karton warna putih lebih banyak ketimbang warna lain. Hehehehe dan juga bunga warna putih juga lebih manis.
Untuk pengerjaannya sekitar satu bulan untuk memenuhi satu tembok ruang tamu. Itu juga dikerjaiinnya setiap malem setiap abis kerja, jadi butuh waktu lumayan lama untuk selesain semuanya.
Ini foto hasil DIY Paper flower aku.





Comments

  1. Sudah punya rencana nikah tapi masih bingung cari wedding organizer yang tepat? Kami dari HIS K-LINK TOWER GRAND BALLROOM kami sudah menyediakan all in package jadi anda tidak perlu repot cari vendor lain karena semua sudah kami yang handle.
    All in package include:
    - Gedung (FULL AC & FULL KARPET)
    - Catering
    - Dekorasi
    - Rias & Busana
    - Bridal
    - Entertainment
    - Photography
    - Wedding Organizer
    - Bonus (MC, WEDDING CAR, HONEYMOON KE JEPANG, LOGAM MULIA)

    For more info and detail:
    Marketing & wedding consultant
    Mira 083899440355 (WA)

    ReplyDelete
  2. Nah aku mau rekomendasiin nih tempat pernikahan yang nyaman dan fasilitasnya lengkap di Kota Bandung. HIS Balai Sartika yang beralamat di Jl. Suryalaya, no 1-3, Buahbatu, Bandung cocok buat kamu yang ingin pernikahannya terlihat mewah dan exclusive. Kalau ngga percaya coba aja kunjungin instagramnya di @his_balaisartika atau whatsapp aja di +6281312214233 untuk info pricelist dan konsultasi gratis!

    ReplyDelete
  3. Hi brides to be, lagi cari gedung utk acara pernikahan di Kota Bandung? Gedung HIS Balai Sartika Convention Hall bisa jadi pilihan kamu loh karena lokasinya strategis dan sekarang udh full carpet + lampu chandelier. Selain itu HIS Balai Sartika Convention Hall juga menyediakan paket pernikahan yang fleksibel. Jangan khawatir, pilihan vendornya ada banyak dan bisa pilih sesuai keinginan kamu. Ohya, sekarang lagi ada promo menarik juga loh yang bisa kamu dapetin, ada caskback 20jt! Yuk jangan sampai ketinggalan. Untuk informasi lengkapnya, bisa kontak WA ke 081220738073 (AYU) FREE CONSULT!!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pre-Wedding (Part 5) Berburu Undangan

Pre-Wedding (Part 3) Kang Foto Konser